FAQ
Pertanyaan Yang Sering Diajukan
Kami akan bertanggung jawab penuh atas kerusakan produk EMELA jika:
Salah Produk
- Pastikan data pengiriman (alamat asal dan tujuan) terbaca dengan baik sesuai dengan resi pengiriman.
- Pastikan kendala yang diterima apakah salah ukuran, salah varian atau salah produk.
- Perlihatkan dengan jelas tipe/jenis produk yang salah tersebut dengan menggunakan foto atau video.
- Jika terdapat kekurangan tanpa bukti foto atau video sesuai persyaratan tersebut maka pengajuan tidak dapat dilanjutkan.
Produk Rusak/Damage
- Perlihatkan dengan jelas tipe/jenis produk yang salah tersebut.
- Perlihatkan dengan jelas bagian yang rusak pada produk tersebut dengan cara dekatkan dengan kamera.
- Perlihatkan kondisi kemasan sebelum produk tersebut di buka menggunakan foto atau video.
- Jika terdapat kekurangan tanpa bukti foto atau video sesuai persyaratan tersebut maka pengajuan tidak dapat dilanjutkan.
Kekurangan Produk
- Pastikan data pengiriman (alamat asal dan tujuan) terbaca dengan baik sesuai dengan resi pengiriman.
- Perlihatkan dengan jelas tipe/jenis produk yang salah tersebut.
- Hitung jumlah total produk tersebut dengan jelas.
- Jika ada kekurangan perlihatkan contoh dari produk yang tidak Anda terima menggunakan foto atau video.
- Jika terdapat kekurangan tanpa bukti foto atau video sesuai persyaratan tersebut maka pengajuan tidak dapat dilanjutkan.
Sebelum melakukan pengajuan refund barang atau dana, ada beberapa informasi yang akan kami lakukan untuk proses dalam pengajuan refund, Anda harus memiliki bukti kuat yang dapat menunjukkan bahwa pengajuan Anda berdasarkan kenyataan yang terjadi. Lalu setelah barang kami terima, kami melakukan proses pengecekan terhadap barang tersebut sebelum di proses ke tahap selanjutnya, sampai tahap proses persetujuan pengajuan tersebut dapat disetujui atau tidaknya. Berikut adalah langkah-langkah pengajuannya:
- Buka menu “Akun Saya” lalu pilih “Pesanan”.
- Pilih pesanan yang ingin direfund.
- Di halaman detail pesanan ada tombol untuk mengajukan refund, bisa per item atau keseluruhan pesanan.
- Setelah mengklik tombol “Refund Pesanan” akan muncul kotak popup untuk memasukkan rincian refund.
- Masukkan semua informasi dengan benar dan berdasarkan semua fakta yang ada.
- Upload foto atau video paket/barang sebagai bukti.
- Kirim permintaan refund dan tunggu tim kami untuk melakukan pengecekan.
Refund dapat dilakukan maksimal 7 (tujuh) hari setelah status pengiriman pesanan berubah menjadi “Selesai”.
Ya. Biaya pengembalian barang akan mengikuti tarif kurir/ekspedisi yang dipilih.
Kami akan memproses pengembalian dana berdasarkan metode pembayaran yang Anda gunakan saat bertransaksi. Jika menggunakan Transfer Bank, maka dana akan dikembalikan ke rekening asal. Jika menggunakan Transfer Dompet Digital, maka dana akan dikembalikan ke nomor dompet digital asal.
Pengembalian dana tidak dapat dilakukan dalam bentuk tunai, jadi untuk pembayaran COD bisa mengirimkan nomor rekening untuk transfer dana.
Transfer Bank dan Dompet Digital: dana akan diterima dalam waktu maksimal 7 hari kerja.
Proses pengembalian dana akan dihitung sejak pengajuan refund produk disetujui dan produk telah diterima oleh tim operasional EMELA.